Dinas Kebersihan dan Pertamanan
- Kota Semarang -

Tupoksi

TUGAS


Merencanakan, mengkoordinasikan, membina, mengawasi Jan mengendalikan serta mengevaluasi di bidang pengelolaan limbah, bidang penyapuan dan pengangkutan, bidang pengawasan dan pengendalian,

 

FUNGSI


  1. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis di bidang pengolahan limbah, bidang penyapuan dan pengangkutan, bidang pengawasan dan pengendalian;
  2. Penyusunan rencana program dan rencana kerja anggaran di bidang pengolahan limbah, bidang penyapuan dan pengangkutan, bidang pengawasan dan pengendalian;
  3. Pengkoordinasian pelaksanaan tugas di bidang pengolahan limbah, bidang penyapuan dan pengangkutan, bidang pengawasan dan pengendalian;
  4. Pengkoordinasian pelaksanaan penyusunan standar operasional pengelolaan TPA, IPLT, TPST;
  5. Pengkoordinasian pelaksanaan pengelolaan pembuangan sampah dan limbah tinja, pemrosesan sampah di TPA, pengolaban sampah di TPST, dan pengolahan limbah cair rumah tangga (tinja);
  6. Pelaksanaan pengaturan pelayanan kebersihan sampah pemukiman, perkantoran, Home Industri, Kawasan Industri, Pasar, Mall, Fasilitas Umum, Rumah Sakit, Apotik, Toko, PKL, Rumah Makan dan obyek lain di Kota Semarang;
  7. Pelaksanaan pengaturan sistem penyapuan, pengumpulan dan pengangkutan sampah;
  8. Pelaksanaan kajian teknis pemberian perizinan pengelolaan persampahan dan air limbah rumah tangga (tinja);
  9. Pelaksanaan pengawasan dan pengendalian pelaksanaan sistem penyapuan, pengumpulan, pengangkutan sampah dan pengelolaan air limbah rumah tangga (tinja); Pelaksanaan pengamatan, Pencatatan dan pemantauan terhadap pelaksanaan penyapuan, pengumpulan, pengangkutan sampah dan pengelolaan air limbah rumah tangga (tinja);
  10. Pelaksanaan penyajian data dan informasi di bidang pengolahan limbah, bidang penyapuan dan pengangkutan, bidang pengawasan dan pengendalian;
  11. Pelaksanaan pembinaan, pemantauan, pengawasan dan pengendalian di bidang pengolahan limbah, bidang penyapuan dan pengangkutan, bidang pengawasan dan pengendalian;
  12. Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan di bidang pengolahan limbah, bidang penyapuan dan pengangkutan, bidang pengawasan dan pengendalian;
  13. Penyusunan laporan realisasi anggaran Bidang Operasional;
  14. Penyusunan laporan kinerja program Bidang Operasional;
  15. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.